IGOS Nusantara X Final Sudah Bisa di-Unduh 22 Desember

LOGO IGOS Nusantara
Akhirnya, Distro linux yang berbasis Fedora yang dikembangkan developer lokal, IGOS Nusantara X(IGN X) resmi rilis tanggal 22 Desember kemarin. Mengutip Nana Suryana yang menahkodai developer Indonesia ini, "Setelah menunggu cukup lama untuk membereskan dan mendapatkan hasil yang terbaik, akhirnya hari ini dapat merilis IGOS Nusantara X.0."

"Munculnya rilis IGN X.0 merupakan hasil dari perjalanan panjang dan kontribusi beragam pihak. Semoga IGN X.0 sebagai distro lokal dapat memenuhi harapan dan kebutuhan sebagian besar pengguna di Indonesia." lanjutnya dalam posting yang di sematkan di Facebook Group resmi IGOS Nusantara.



Berita rilis ini juga ditulis di laman resmi IGOS Nusantara.

Sebelum IGOS Nusantara versi final dirilis, para pengembang meluncurkan IGOS Nusantara X versi RC (release candidate) pada tanggal 15 Desember.


Sejatinya, penamaan IGOS Nusantara X ini pernah digunakan untuk IGN Server. Mungkin untuk alasan inilah IGN Server kemudian berganti nama menjadi IGN S9. Jika masih menggunakan nama IGN X9, kemungkinan akan menjadi rancu.

Beberapa fitur Standar IGOS Nusantara X yang ke sepuluh ini antara lain:

1. Tersedia varian IGN XDE
2. Kertas dinding (wallpaper) khas Indonesia
3. Desktop Budgie dengan tema minimalis
4. Desktop GNOME3 dengan tema baru
5. IGNSDK 1.1.6
6. Tahapan dan tampilan instalasi yang ringkas
7. Kernel 3.18.0
8. Firefox 34, Google Chrome 39

Untuk versi X (10), anda juga bisa memilih varian-varian sesuai kesuakaan anda seperti rilis IGN ersi sebelumnya. Disediakan ada 10 varian Desktop Enirontment

Download Section

Sebaiknya, anda menyiapkan ruang antara 520 MB - 3GB untuk menampung hasil download file disk image. Besar file disk image tergantung paket yang anda download.

repo IGOS Nusantara

repo Informatika LIPI

Previous
Next Post »