Cara Mengakses Internet dari PC atau Laptop dengan Bantuan Smartphone

Smartphone Android bisa selalu terhubung dengan internet asalkan punya paket data atau koneksi Wi-Fi. Tapi, saat dibutuhkan, smartphone kamu juga bisa membuat laptop, PC, atau perangkat lain tersambung dengan internet! Istilah yang sering disebut tethering ini tentu sangat membantu ketika EVers perlu mengakses internet lewat perangkat yang lebih besar, tapi kesulitan menemukan koneksi internet atau Wi-Fi yang bersifat publik.

Cara untuk melakukan tethering dari smartphone ke perangkat lain seperti PC atau laptop ini tidaklah sulit, dan umumnya dilakukan dengan dua cara. EVers tinggal memilih yang mana yang EVers suka atau memungkinkan untuk dilakukan.

Mohon diperhatikan bahwa tethering akan memakan kuota data pada smartphone. Dan untuk tutorial kali ini, kami menggunakan smartphone Android One EVERCOSS One X:

Baca juga: 10 Hal Menarik Tentang EVERCOSS One X

Menggunakan Kabel USB

Cara pertama untuk melakukan tethering adalah dengan menghubungkan smartphone EVers ke PC atau laptop yang ingin disambungkan ke internet menggunakan kabel USB. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Sambungkan ponsel pintar EVers ke PC atau laptop yang ingin diberi akses internet menggunakan kabel USB.

2. Buka bagan notifikasi. Jika EVers menemukan notifikasi seperti gambar di atas, buka menu Setelan pada smartphone.

3. Di sub-menu Jaringan & nirkabel, pilih Lainnya, lalu pilih Menambatkan dan hotspot portabel.

4. Aktifkan tombol di samping Penambatan USB. Jika berhasil, EVers akan melihat salah satu dari tiga icon di samping di bagian atas layar smartphone.

5. Selesai. Laptop atau PC yang EVers sambungkan sekarang bisa menggunakan internet dari paket data smartphone EVERCOSS. Untuk mematikan koneksi internetnya, hilangkan ceklis atau non-aktifkan tombol di samping Penambatan USB, atau matikan/cabut koneksi kabel ponsel pintarnya ke laptop atau PC-mu.

Dibanding yang lainnya, cara tethering ini adalah cara yang paling hemat baterai. Karena ketika melakukan tethering, smartphone biasanya menguras lebih banyak baterai karena melakukan tugas yang lebih berat. Tapi menyambungkannya dengan kabel membuat ponsel pintar itu sendiri di-charge selagi menyambungkan laptop atau PC EVers ke internet. Selain itu, karena disambungkan melalui kabel, tethering dengan cara ini lebih aman dari virus dan semacamnya.

Menyalakan Portable Wi-Fi Hotspot pada Ponsel

EVers juga bisa menjadikan smartphone EVERCOSS sebagai Wi-Fi hotspot nirkabel. Caranya cukup mudah.

1. Buka menu Setelan pada ponsel pintar EVers. Di sub-menu Jaringan & nirkabel, pilih Lainnya*, lalu pilih Menambatkan dan hotspot portabel

2. Aktifkan tombol di samping Hotspot Wi-Fi portabel. Jika berhasil, EVers akan melihat icon seperti pada gambar di bagian atas layar ponsel.

3. Sebagai tambahan, EVers bisa mengganti nama dan kata kunci WiFi hotspot smartphone. Pilih Siapkan hotspot Wi-Fi, lalu ganti nama Wi-Fi hotspot-nya di Nama jaringan, dan sandi baru di Sandi, lalu pilih Simpan.

4. Untuk menyambungkan PC atau laptop dengan internet, aktifkan Wi-Fi, lalu cari nama Wi-Fi hotspot dari smartphone EVers, kemudian masukkan kata kuncinya.

5. Untuk mematikan Wi-Fi hotspot, hilangkan ceklis atau non-aktifkan tombol di samping Hotspot Wi-Fi portabel.

Cara ini punya satu keunggulan dibandingkan tethering menggunakan kabel, yaitu bisa disambungkan ke lebih dari satu perangkat (mau itu PC, laptop, komputer, atau smartphone lain). Tapi, jika tidak disambungkan dengan charger atau sumber energi lain melalui kabel, baterai ponsel pintar EVers akan terkuras lebih cepat.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Pengisian Baterai Smartphone Android

Previous
Next Post »