Tips Keamanan: Lakukan Hal Berikut Untuk Antisipasi Smartphone Hilang

Rasanya sangat menyebalkan ketika smartphone kesayangan kita hilang. Bukan hanya kerugian material yang kita alami, tapi kita juga kehilangan data penting seperti kontak teman dan kerabat, data seperti foto dan musik favorit. Perlu EVers waspadai pula apabila smartphone memiliki akses ke sejumlah aplikasi seperti email, Facebook, dan Line. Bisa saja ada pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan hal itu.

Berikut EVERCOSS berikan beberapa cara yang bisa EVers coba untuk memastikan data EVers tetap aman, walaupun smartphone (amit-amit) hilang!

Simpan Nomor IMEI

Setiap ponsel mempunyai nomor IMEI yang berbeda. Pastikan EVers mengetahui nomor IMEI ponsel. Kementrian Komunikasi dan Informatika sedang berupaya agar pada tahun 2017 nanti semua ponsel wajib melaporkan nomor IMEI ke operator. Dengan kebijakan tersebut, kedepannya EVers bisa blokir ponsel EVers dengan melaporkan nomor IMEI dari ponsel yang hilang ke operator.

Kemudian ponsel itu tidak akan bisa digunakan dengan menggunakan kartu dari operator manapun. Kamu bisa melihat kode IMEI di kotak pembelian ponsel atau pun dengan akses *#06# dari ponsel. Kamu bisa juga melihat nomor IMEI dengan masuk ke https://www.google.com/settings dan periksa menu Android.

Pasang Gembok Pada Layar Ponsel

Pastikan juga kamu gembok layar ponsel kamu. Gembok layar ini akan mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses ponsel. EVers bisa memilih metode gembok layar yang disukai seperti pola, PIN, sandi atau gesek.

Baca juga: Tips Keamanan: Cara Menggunakan Smart Lock pada Android Lollipop

Gunakan Android Device Manager

Android Device Manager (ADM) adalah aplikasi resmi yang dimiliki Google. Aplikasi ini dapat membantu EVers melacak smartphone Android EVers selama ponsel terhubung dengan akun Google dan memiliki koneksi internet.

ADM memungkinkan EVers untuk mengendalikan ponsel dari jarak jauh seperti menderingkan ponsel, mengunci ponsel ataupun menghapus file yang ada di dalam ponsel. Tapi untuk menggunakan fitur ini, EVers jangan lupa mengaktifkan pengaturan yang mengizinkan ADM untuk melakukan hal tersebut.

Pastikan pengaturan tersebut kamu lakukan ketika kamu baru membeli ponsel dan juga setelah kamu kembalikan ke setelan pabrik (factory reset).

Dan ketika ponsel kamu hilang, kamu cukup pergi ke www.android.com/devicemanager untuk mencari ponsel.

Gunakan Fitur Garis Waktu dari Google Maps

Garis Waktu (Timeline) adalah fitur yang tersedia di versi baru Google Maps. Fitur ini mampu melacak histori lokasi tempat yang pernah EVers lewati dengan menggunakan GPS. Dengan fitur ini EVers bisa menelusuri dimana lokasi ponsel EVers berada. Fitur ini bisa digunakan setelah EVers memberikan izin Google untuk mengakses histori lokasi.

Kemudian apabila EVers ingin melacak ponsel EVers, kamu bisa akses Garis Waktu melalui https://www.google.com/maps/timeline. Fitur ini hanya menampilkan dimana posisi terakhir ponsel EVers.

Unduh Aplikasi Pelacakan Ponsel Yang Hilang

Selain beberapa cara diatas, banyak pula aplikasi yang tersedia di Play Store yang menawarkan fitur yang sama. Misalnya saja Avast Anti-Theft. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menemukan dimana ponsel kamu berada. Aplikasi ini juga bisa membantu EVers untuk mengunci ponsel EVers, mencari lokasi ponsel EVers, mengirim pesan, dan berbagai aksi lainnya.

Download aplikasi Avast Anti-Theft secara gratis

Baca Juga: Ponsel Pintar Kamu Hilang? Lakukan Langkah Ini!

Previous
Next Post »