Tutorial Memaksimalkan Seluruh Fitur ECBook

EVers pasti sudah pernah dengar atau tahu dari beberapa artikel di penghujung tahun 2015 tentang ECBook, aplikasi Android andalan EVERCOSS untuk membantu kamu yang masih duduk di bangku sekolah dengan menambah referensi pelajaran. Apalagi, EVers yang sudah memiliki tablet teranyar dari EVERCOSS, yakni Winner Tab S3, pasti sudah menemukan aplikasi ECBook ini terpasang langsung dari awal.

Seperti kata pepatah, “tidak kenal maka tidak sayang,” maka kali ini, EVERCOSS akan memperkenalkan seluk-beluk dari aplikasi ECBook agar EVers dapat memaksimalkan penggunaan aplikasi ECBook dengan mudah!

Baca juga: Alasan Mengapa Winner Tab S3 adalah Hadiah Terbaik untuk Buah Hati

Menu Tampilan Awal dan Side Bar

Selamat datang di ECBook! Ketika EVers pertama kali membuka aplikasi ECBook, kamu akan disambut dengan laman yang simpel, bersih, modern, dan ramah pengguna. EVers akan menemukan tiga buah tombol di bagian bawah, yakni: “Cari Buku”, “File Manager”, dan “Rak Buku”.

Selain itu, EVers juga akan menemukan tombol berbentuk tiga buah garis vertikal berwarna putih di pojok kiri atas. Ketika EVers menekan tombol tersebut, maka akan muncul side bar dari arah kiri layar yang berisikan menu tambahan yakni “Cek Versi Terbaru”, “Tentang Apps”, dan “Keluar”.

Menu Cari Buku

Ketika EVers menekan tombol “Cari Buku”, maka akan muncul halaman baru yang berisikan empat tombol yang mewakili jenjang pendidikan sekolah di Indonesia, yakni SD, SMP, SMU, dan juga SMK. EVers yang sedang mencari materi referensi pelajaran pun hanya perlu memilih kategori tingkat pendidikan yang sesuai. Tidak sampai di situ saja, ketika EVers memilih salah satu jenjang (seperti contohnya SMU pada gambar) maka akan keluar menu pop-up yang mempersilahkan kamu untuk memilih jenjang pendidikan yang lebih spesifik.

Selanjutnya, EVers dapat memilih buku yang telah dikategorikan sesuai mata pelajaran umum yang terdapat pada jenjang pendidikan tersebut. Ketika EVers telah menemukan buku yang sesuai, EVers dapat mengklik gambar sampul buku tersebut dan akan keluar dua buah menu, yakni “Download buku” dan “Tentang buku”.

Jika EVers penasaran apakah buku tersebut benar buku yang kamu cari, kamu dapat mendapatkan informasi tambahan mengenai buku tersebut dengan menekan tombol “Tentang buku”. Jika memang benar buku tersebut yang EVers cari, maka tunggu apa lagi? Segeralah tekan tombol “Download buku” yang akan langsung mengunduh buku tersebut ke dalam perangkat EVers!

Menu Rak Buku

Setelah EVers mengunduh buku-buku yang diperlukan, pasti kamu bertanya-tanya, bagaimana cara membuka buku dan membaca isinya? Tidak perlu bingung, karena semua buku yang EVers unduh secara otomatis tersusun rapi di dalam menu Rak Buku sesuai dengan mata pelajaran. EVers hanya perlu menekan gambar sampul buku yang telah diunduh dan EVers dapat langsung membaca isi buku tersebut secara full screen.

Untuk berpindah halaman, EVers cukup melakukan gestur swipe ke kanan untuk membuka halaman selanjutnya, dan gestur swipe ke kiri untuk membuka halaman sebelumnya. Jika EVers ingin loncat ke halaman tertentu, tidak perlu repot untuk berkali-kali pindah halaman. Kamu hanya perlu memanfaatkan fungsi slider bar yang terletak pada bagian bawah layar. Slider bar tersebut pun akan disembunyikan untuk kenyamanan membaca EVers dan dapat dimunculkan kembali hanya dengan satu ketukan lembut pada layar perangkat kamu!

Menu File Manager

Jika EVers memiliki e-book lainnya dalam format Adobe Portable Document Format (.pdf), maka EVers dapat membuka e-book tersebut dari menu File Manager. EVers hanya perlu membuka folder tempat e-book tersebut berada dan membukanya.


Jadi, apakah EVers sudah mengenal aplikasi kesayangan baru kamu, ECBook? Selamat belajar!

Belajar Pelajaran Sekolah Gratis bersama EVERCOSS dan ECBook

Previous
Next Post »