Apa Itu CWM?


www.romandromax.blogspot.com - Hello sobat,bertemu kembali dengan Admin.Sebelumnya Admin sudah jelaskan pengertian root Android.Nah,kali ini Admin akan jelaskan apa itu CWM.


     Kalian pasti pernah mendengar kata CWM di Facebook atau di internet.Nah kepanjangan dari CWM ialah ClockworkMod.Bisa dibilang juga ClockworkMod Recovery Untuk orang baru pasti tidak tahu,tapi untuk seorang opreker pasti sudah mengerti apa itu CWM...hahaha.

Pengertian CWM
     CWM atau ClockworkMod adalah recovery mode yang sudah di kostuminasi dengan berbagai fitur tambahan sehingga memungkinkan kita untuk melakukan proses seperti backup,restore,instal ROM,Custom ROM,MiniROM dll.

     Sebernanya Android yang masih baru sudah mempunyai recovery mode,hanya saja di CWM memiliki fitur yang lebih banyak.CWM memiliki 2 versi,yaitu versi Touch yang bisa langsung disentuh untuk mengoperasikannya dan Non-Touch yang tidak bisa disentuh.Untuk mengoperasikannya harus menggunakan tombol home,tombol volume min ( - ) dan volume plus (+).

Fungsi CWM
     Setelah Admin jelaskan pengertian CWM,nah ternyata banyak juga fungsi dari CWM atau ClockwordMod.Berikut fungsinya :

  1. Menginstal ROM,Custom ROM,MiniROM.
    Dengan CWM,kita dapat menginstal ROM,Custom ROM,MiniROM.Biasanya para pengguna bosan dengan ROM bawaan.
  2. Untuk ngeroot atau instal Update.zip.
    Kebanyakan orang ngeroot menggunakan aplikasi seperti Framaroot,Key Root Master dll.Nah,dengan menggunakan CWM kita bisa ngeroot.
  3. Nandroid backup
    Kita bisa membackup sistem ponsel,internal memori dan hasil backupan akan disimpan di dalam SD Card.Hasil backup-an berupa folder.
  4. Restore Data
    Nah,ini ada hubungannya dengan poin 3.Jika kita sudah membackup,kita dapat restore backupan kita jika terjadi kesalahan.
  5. Dll

Fitur-Fitur CWM

     Di ClockwordMod ini,terdapat banyak sekali fitur-fitur yang dapat kita gunakan.Berikut fitur-fitur yang terdapat di CWM atau ClockwordMod :
  1. Reboot System Now
    Reboot merupakan restart pada Android kamu.Biasa para pengguna menggunakan fitur ini setelah mengedit/modifikasi.
  2. Apply Update From SD Card
    Fitur ini dapat diggunakan untuk instalisasi dari setiap update resmi atau tidak resmi,ROM,Kernel dll.
  3. Wipe Data/Factory Reset
    Pilihan ini berguna untuk menghapus semua data pengguna pada perangkat serta cache.
  4. Wipe Cache Partition
    Fungsi dari fitur ini ialah untuk membersihkan cache partisi pada perangkat untuk menghapus semua data yang terkumpul di sana selama penggunaan.
  5. Instal Zip From SD Card
    Kegunaan ini adalah untuk menginstal file dengan format .zip seperti ROM,Custom ROM,MiniROM.
  6. Dll



Previous
Next Post »